Iklan PPC menggunakan Google Adwords

Iklan PPC menggunakan Google Adwords

google adsword

PPC yang merupakan kepanjangan dari Pay Per Click. Sebuah program bisnis internet yang membayar setiap klik yang terjadi pada pada pemasangan iklan yang dipasang pada website atau blok membernya yang terdaftar. Pada program bisnis online PPC, salah satunya yang sangat terkenal dan banyak membuat membernya sukses mengeruk dollar adalah Google Adsense. Pada bab ini kita akan membahas mengenai apa itu pay per click atau PPC pada google Adsword

Google Adsword

Internet telah mengubah hampir segala aspek dalam kehidupan manusia salah satunya adalah dalam beriklan. Pay Per Click merupakan salah satu dari banyak cara pemasaran melalui dunia internet. Dua pihak yang terdiri dari publisher dan advertiser. Publisher adalah individu atau perusahaan dari website yang melakukan penayangan pada website yang dikelolanya. Seorang publisher mendaftarkan websitenya untuk dipasangkan iklan oleh advertiser. Di lain sisi, advertiser adalah orang atau agensi yang membayar untuk menaruh iklan mereka di website. Pay per click adalah pembayaran yang berdasarkan jumlah klik yang didapatkan. Pengunjung akan mengklik banner di website yang mengarah pada produk, servis atau event tertentu. Publisher tidak bertanggung jawab atas segala kegiatan jual beli yang berlangsung. Mereka hanya menjadi penghubung antara pengunjung dan iklan yang dituju.

Google Adsword adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh google yang menggunakan cara periklanan Pay Per Click. Google adsword disebut juga sebagai search engine marketing atau pemasaran menggunakan mesin pencarian. Periklanan google adsword sendiri menggunakan sistem Pay per click (PPC) atau biaya per klik (BPK), sistem ini mengatur pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapatkan dari iklan tersebut. Skema google adsword adalah dengan menargetkan “kata kunci” atau “keyword pencarian. Pengiklan dapat menargetkan iklan keluar pada kata kunci sesuai dengan keinginan.

SEJARAH GOOGLE ADSWORD

Google memperkenalkan google adsword pada oktober tahun 2000. Dalam google adsword diperkenalkan sistem self-service advertising dalam pembuatan text ads, megnikuti contoh yang digunakan sebuah website yang pertama kali memperkenalkan tampilan pencarian simpel yaitu GoTo.com. versi pertama google adsword menggunakan sistem periklanan CPM dan hasil yang didapatkan pada saat itu dianggap cukup memuaskan. Pada tahun 2001 pendapatan google hampir mencapai US$ 85 juta. Kemudian pada bulan februari 2002, google melakukan peremajaan dan memperkenalkan versi kedua dari adsword. Pada versi kedua, google memperkenalkan sistem lelang pay per click (PPC) dimana pengiklan menentukan sendiri berapa harga maksimal yang diinginakan dari setiap klik yang didapat. Tentu google memberikan range harga untuk setiap harga yang berbeda-beda tergantung seberapa penting kata tersebut.

Pada versi kedua disaat yang bersamaan google memperkenalkan Click Through Rate ( CTR) dimana performa suatu iklan dilihat dari relevansi faktor-faktor yang membentuk iklan, dimana harus ada kesesuaian antara kata atau keyword, iklan yang muncul dan website yang dituju. Mudahnya kita tidak bisa mengiklankan “mobil” dengan kata “uang” karena tidak sama uang dengan mobil.

ISTILAH PADA GOOGLE ADSWORD

Keyword

Keyword adalah kata kunci yang menjadi tanda untuk mengarahkan kepada iklan yang terdapat pada website. Dalam penggunaan keyword anda dapat mendeskripsikan produk serta menentukan kapan dan dimana iklan anda akan muncul

Image Ad

Iklan berbentuk gambar, baik gambar statis maupun animasi. Image ad berlaku pada display advertising. Google pada dasarnya tidak mengenal gambar dan hanya dapat membaca kata oleh sebab itu kita perlu memberikan identitas pada gambar tersebut.

Impression

Impression adalah hitungan jumlah iklan yang telah ditayangkan oleh google. Sebagai pengiklan tentu report dari hasil iklan kita akan disampaikan secara rinci berupa data statistik. Impression memberikan gambaran tentang seberapa banyak dalam satu hari iklan telah di ketik dan data lain yang mendukung.

Campaign dan ad group

Iklan yang terdapat pada google adwords akan tersusun kedalam campaign dan ad group. Pertama anda akan membuat campaign dan menentukan budget harian dan juga target geografis serta bahasa, kemudian untuk mempermudah anda dapat membuat group-group periklanan dari campaign yang telah dibuat sesuai kata kunci yang saling berhubungan.

Cara pembuatan struktur yang sederhana adalah seperti pengelompokkan barang di departemen store. Sebagai contoh tokol Anda menjual baju dan sepatu. Anda dapat memberikan nama campaign-nya:

  • Jilbab
  • Pasmina

Namun demikian untuk kebutuhan lain Anda juga bisa membaginya berdasarkan promosi, seperti:

  • Promosi Idul Fitri
  • Promosi Tahun Baru
Placement

Placement atau penempatan iklan dimana iklan anda ditempatkan. Placement hanya dapat digunakan pada iklan display marketing, dimana kita dapat memilih pada bagian mana iklan kita akan ditempatkan pada website tujuan.

Clickthrough Rate (CTR)

Clickthrough rate adalah rasio antara Click dan Impression, ratio ini didapat dengan perhitungan (click/Impression x 100%) dalam hal ini akan semakin terlihat seberapa efektif iklan yang telah ditayangkan, sehingga bila kita hendak melakukan pengulangan iklan kita dapat menyempurnakan iklan agar tertarget dengan baik.

Daily Budget

Daily Budget adalah jumlah biaya yang dikeluarkan setiap hari untuk setiap campaign iklan. Agar budget terpakai secara maksimal, sistem adwords akan membantu mengatur budget anda secara optimal.

Landing page

tempat dimana iklan di tampilkan pada website, landing atau tempat pemasangan penting untuk melihat apakah iklan menarik dan dapat mendatangkan pengunjung. Para pemilik website akan memberikan space/tempat untuk para pengiklan menaruh iklannya.

Quality Score

Ukuran kualitas keyword dari iklan anda, quality score ini memengaruhi besaran CPC yang anda bayarkan. Jadi semkin tinggi quality scorenya maka anda akan mendapatkan CPC yang lebih rendah dan peringkat iklan yang tinggi.

Faktor-faktor ini adalah penentu Quality Score Anda:

 

  • Sejarah frekuensi klik pada kata kunci di iklan Anda.
  • Sejarah frekuensi klik dengan display URL yang Anda gunakan.
  • Sejarah akun Anda: CTR Anda secara keseluruhan dari iklan dan kata kunci di akun Anda.
  • Kualitas landing page: Seberapa relevan, transparan, dan mudah dinavigasi (orang tidak dibuat susah mencari hal yang mereka cari.)
  • Relevansi kata kunci dengan iklan: Seberapa relevan kata kunci dengan iklan Anda
  • Relevansi kata kunci dengan pencarian: Seberapa relevan kata kunci Anda dengan pencarian pelanggan.
  • Kinerja Geografis: tingkat keberhasilan akun Anda di wilayah yang menjadi target Anda.
  • Kinerja iklan di situs-situs: tingkat keberhasilan iklan Anda di sebuah situs dan di situs yang serupa (Jika Anda menargetkan Display Network)
  • Perangkat yang Anda targetkan: Seberapa baik kinerja iklan Anda di berbagai tipe perangkat yang berbeda desktops/laptop, perangkat mobil, dan tablet – Anda mendapatkan Quality Score yang berbeda untuk tipe perangkat yang berbeda
Cost per Clik

Cost Per Click (CPC)merupakan metode pembayaran yang didasarkan atas jumlah klik yang diterima oleh iklan. Biaya dikenakan jika iklah diklik oleh pengguna lain dan hanya tayang.

CPC memiliki rumus penghitungan yang lebih sederhana. Pada dasarnya Anda harus membayar tarif CPC sesuai dengan jumlah klik yang terjadi, rumusnya:

Biaya Advertiser  = CPC x Jumlah Klik.

Sebagai contoh, tarif CPC yang ditetapkan adalah 0.25 $, dan Anda mentargetkan 1000 klik, maka: Biaya Advertiser = 0.25 x 1000

Dari perhitungan diatas, biaya yang harus Anda bayar adalah: 250 $.

Maximum Cost per Click (Maximum CPC)

Harga maksimum yang ingin anda bayar untuk setiap klik. Google menentukan peringkat berdasarkan sistem Auction(lelang) dan maksimum CPC yang anda pasang adalah salah satu poin yang mempengaruhi peringkat iklan, jadi bila anda bersedia beriklan lebih tinggi, iklan anda akan semakin optimal.

Optimization

Proses menciptakan/mengedit keyword dan iklan atau penyesuaian pada bagian lain dari account untuk meningkatkan kinerja pencarian pada google adsword

Jenis Pay Per Click (PPC)

Program periklanan pay per click pada dasarnya merupakan periklanan yang menghubungkan pemilik produk dan pemilik website. Kedua hal ini merupakan hal yang berbeda dari kacamata google sebagai pihak pemilik search engine. Dalam memperjelas hal tersebut mari kita kaji pembagian Pay Per Click (PPC) menurut jenisnya :

PPC untuk Advertiser

Advertiser merupakan salah satu periklanan yang diperuntukan untuk Seorang Pemilik produk (bisa produk barang, dsb), mereka bisa melakukan promosi tentang produk dan jasa mereka  dengan memasang iklan di suatu penyedia jasa iklan. Perusahaan akan memasangkan iklannya dengan mendaftarkan pada google adsword, kemudian pihak google akan mencarikan tempat yang sesuai dengan website yang tepat sesuai dengan pangsa pasar yang diharapan oleh advertiser.

PPC untuk Publisher

Publisher dalam hal ini pemilik website akan mendaftarkan program periklanan PPC di suatu program PPC (misal Google Adsense, dll). Dan kode iklan dari program PPC itu akan dimasukan ke dalam website si Publisher. Iklan pengiklan akan tampil di website si Publisher.Ketika si pengunjung website si Publisher melihat iklan yang tampil sesuai dengan isi websitenya dan mengliknya, maka si Publisher dapat bayaran dari setiap kliknya.



sumber : https://pakimam.com/iklan-ppc-menggunakan-google-adwords/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis Rambu-Rambu K3 dan Fungsinya

Pengertian Advertising – Periklanan, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Dampak, Ciri, Komponen, Syarat

cara membuat halaman bisnis melalui facebook Fanspage